Masih bicara kekerasan seksual pada anak....

Gara-gara kasus pelecehan seksual di JIS, isu kekerasan seksual pada anak di bawa-bawa di berbagai pembahasan DPR RI. Saat pembahasan RUU Kesehatan Jiwa, misalnya, anggota meminta agar pelindungan dari kekerasan seksual dimasukkan ke dalam materi RUU. Oh, nooo! 
sumber @puspromkes
 Sebenarnya kekerasan seksual itu seperti apa? Bagaimana dampaknya kepada anak? Dinar Wahyuni, peneliti sosiologi, menulis tentang kekerasan seksual terhadap anak pada Info Singkat No. 12 lalu. Berikut cuplikannya:
Terungkapnya berbagai kasus kejahatan seksual anak menunjukkan bahwa perlindungan anak masih lemah. Penegakan hukum yang masih lemah serta lambannya inisiatif pemerintah dalam menguak kasus kejahatan seksual anak membuka peluang pelaku kembali melakukan aksinya. Karena itu, pemerintah perlu memberikan perhatian yang lebih serius terhadap kasus ini. Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak merupakan salah satu upaya dalam penanganan dan pencegahan kejahatan seksual anak. Gerakan ini dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Seluruh elemen masyarakat harus mendukung penuh gerakan ini sehingga tercipta kesamaan persepsi akan pentingnya perlindungan anak dan sinergitas dalam pencegahan dan penanganan kejahatan seksual anak
Selengkapnya baca di scribd

0 notices:

Post a Comment