Masalah Bau

Menciptakan suasana kerja yang menyenangkan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting untuk menjamin produktivitas kita. Lingkungan kerja yang kurang kondusif dapat menurunkan motivasi dan melemahkan kreativitas. Lingkungan kerja yang dimaksud disini dapat dibagi atas 2, yaitu:

1. Lingkungan kerja sosial, yaitu orang-orang yang ada disekeliling kita, termasuk atasan, rekan kerja, dan klien.

2. Lingkungan kerja fisik, meliputi benda dan kondisi yang bukan manusia.

Lingkungan kerja fisik lebih mudah kita sesuaikan daripada lingkungan sosial, karena materi tersebut tidak memiliki keinginan sendiri. Contohnya meja kantor. Anda dapat mengatur posisi meja sesuai dengan keinginan anda. Apakah mau menghadap pintu masuk, disinari cahaya matahari atau merapat ke tembok. Atau dapat juga mendekor buku-buku di atas meja, menempatkan pernak-pernik kecil yang menyenangkan dan menyusun alat-alat tulis dalam pot kecil yang manis.

Namun, ada juga lingkungan kerja fisik yang berupa kondisi dimana manusia tidak dapat mencegahnya, namun dapat mengatasinya. Misalnya ruangan yang panas karena musim kemarau dapat dikendalikan dengan mengatur volume AC.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah bau yang menyebar di ruang kerja. Tentunya hal ini sangat mengganggu konsentrasi. Bau ini dapat disebabkan oleh:

  1. sampah di dalam/luar ruangan

  2. sisa-sisa banjir

  3. hasil pengecatan dinding

  4. bahkan bau parfum yang berlebihan juga dapat merusak kenyamanan

Untuk mengembalikan suasanya kantor yang kondusif, maka sebaiknya:

  1. Buanglah sampah pada tempatnya

  2. Senantiasa membersihkan ruangan kerja secara teratur

  3. Segera rapikan ruangan yang terkena banjir.

  4. Buka jendela dan ventilasi untuk meningkatkan sirkulasi udara sehingga dapat segera mengusir bau

  5. Semprotkan wewangian yang menyejukkan anda, misalnya yang beraroma terapi. Anda juga dapat membeli/membuat pot pourri untuk menciptakan ruangan yang segar.

Bekerja itu gampang ya!

0 notices:

Post a Comment